Sabtu, 12 April 2014

Kajian Sripsi PTK



Kajian hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi             :
Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Ak-3 SMK Widyadharma Turen, Mata Pelajaran Perbankan Syariah.
Jurusan/Prodi            : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT               : Fakultas Ekonomi/Universitas Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun             : Mei, 2013

Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang diteliti, yang menjadi perhatian peneliti adalah:
1.      siswa kurang memiliki keberanian bertanya atau berpendapat, siswa hanya menjawab jika ditanya oleh guru.
2.      Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran.
3.      Siswa kurang memanfaatkan sumber belajar selain catatan yang diberikan oleh guru.
4.      Mata pelajaran akuntansi syariah yang terkesan masih baru di SMK Widyadharma Turen
5.      Kurang minatnya siswa terhadap mata pelajaran perbankan syariah.
Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut ada 3, yaitu:
1.      Metode Pembelajaran.
2.      Minat Belajar.
3.      Hasi Belajar.
Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian tersebut yaitu untuk menmbuktikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Showball Throwing dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran perbankan syariah kelas XII Ak-3 SMK Widyadharma Turen.



Kajian pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.      Hakekat Belajar dan Pembelajaran
a.       Hakekat Belajar
b.      Hakekat Pembelajaran
2.      Pembelajaran Kooperatif
a.       Pengertian pembelajaran kooperatif
b.      Langkah-langkah pembelajaran kooperatif
c.       Perbedaan pembelajaran kooperatif dan tradisional.
3.      Snowball Throwing
4.      Minat Belajar.
5.      Hasil Belajar.
Sesuai dengan variable di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya, sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian tersebut.
Selain itu, faktor pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, dan setelah kami kaji, penelitian yang kami kaji ini sangat relevan dengan permasalahan yang di teliti.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi yang kami kaji adalah pendekatan penelitian ‘Kualitatif’ dengan metode PTK.
Subyek dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji yakni:
Subyek            :Siswa Kelas XII Ak-3 SMK Widyadharma Turen
Obyek             :Pelaksanaan pembelajaran perbankan syariah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Shrowing.
Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi dalam penelitian PTK tersebut adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi (Ak-1, Ak-2 dan Ak-3). Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XII Ak-3.
Sumber data yang diperoleh dalam penelitian tersebut berasal dari guru dan siswa yang dikemas dalam sebuah angket yang diberikan kepada responden tersebut.
Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian tersebut yakni observasi, angket, wawancara, studi documenter dan soal tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan refleksi tiap siklus tindakan.
1.      Minat belajar
Ø  Analisis Data Observasi
Ø  Analisis Data Hasil Angket
2.      Analisis Belajar Siswa
Ø  Indikator Keberhasilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar