Sabtu, 12 April 2014

Kajian Skripsi Eksperimen



Kajian hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi             :
Studi Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Peta Pikiran dan Model Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran di SMAN 1 Singosari Malang.
Jurusan/Prodi            : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT               : Fakultas Ekonomi/Universitas Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun             : Desember, 2011

Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang diteliti, yang menjadi perhatian peneliti adalah: (1) Proses belahar mengajar guru masih menggunakan metode pembelajaran yang lama, misalnya: ceramah, tanya jawab, dan diskusi lama (diskusi yang dilakukan secara tidak terprogram, tetapi siswa diminta berdiskusi sebangku berdua). (2) Dalam penerapan metode ceramah siswa cenderung menjadi pasif, bosan, bahkan siswa sering mengantuk dikelas. (3) Selama guru menjelaskan, hanya siswa yang bertempat duduk di baris pertama dan kedua yang memperhatikan. Sedangkan siswa yang duduk di belakang asik bermain, bercerita dengan teman sebangku, mencoret-coret buku, dan menggambar. (4) Pada saat pembelajaran tanya jawab dilakukan tidak banyak siswa yang aktif bertanya dan menjawab, hal ini disebabkan oleh siswa malu bertanya, siswa takut akan menjawab salah, dan kurang pahamnya siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh guru. (5) Pembelajaran diskusi juga sering diterapkan akan tetapi yang aktif hanyalah siswa tertentu saja. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa, yaitu hasil belajar siswa kurang optimal. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut ada 2, yaitu variabel bebas (model pembelajaran peta pikiran dan model pembelaran peta konsep) dan variabel terkait (hasil belajar siswa diukur dari rana kongnitif).
Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran peta pikiran dan model pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Akuntansi di SMAN 1 Singosari Malang.
Kajian pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.      Peta Pikiran
a.       Pengertian Peta Pikiran
b.      Pembuatan Peta Pikiran
2.      Peta Konsep
a.       Pengertian Peta Konsep
b.      Cirri-ciri Peta Konsep
c.       Cara Membuat Peta Konsep
3.      Model Pembelajaran Peta Pikiran
a.       Pengertian Model Pembelajaran Peta Pikiran
b.      Kelebihan Model Pembelajaran Peta Pikiran
c.       Manfaat Model Pembelajaran Prta Pikiran
4.      Model Pembelajaran Peta Konsep
a.       Pengertian Model Pembelajaran Peta Konsep
b.      Manfaat Model Pembelajaran Peta Konsep
c.       Kelebihan Model Pembelajaran Peta Konsep
5.      Hasil Belajar Akuntansi
Sesuai dengan variable di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya, sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian tersebut yakni variabel bebas dan veriabel pusat.
Selain itu, faktor pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, penelitian sebelumnya oleh Aulia (2010) yang berjudul “Pengaruh Teknik Mencatat Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang”. Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang mengggunakan teknik mencatat peta pikiran berbeda secara signifikan dengan siswa yang mecatat dengan menggunakan teknik mencatat bukan peta pikiran yaitu teknik mencatat linier. Hasil tersebut didapat berdasarkan analisis uji-t, ini berarti teknik mencatat peta pikiran lebih baik dibandingkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor pendukung lainnya adalah penelitian oleh Lutfiyatul (2008) tentang Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran Sebagai Upaya Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemasaran Barang dan Jasa Kelas XI SMKN 1 Jombang, menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran peta pikiran dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Sehingga kami menyimpulkan bahwa penelitian tersebut sangat relevan dengan permasalahan yang diteliti.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi yang kami kaji adalah pendekatan penelitian ‘Kuantitatif’ dengan metode Ekperimen Semu.
Subyek dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji yakni:
Subyek            :SMAN 1 Singosari Malang
Obyek             :Siswa kelas XI yang menempuh mata pelajaran Akuntansi
Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi : seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Singosari Malang yang menempuh mata pelajaran akuntansi yang jumlahnya 102 siswa terdiri dari kelas XI-1, XI-2, XI3. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas XI-1 dengan jumlah 34 sebagai kelas ekperimen 1, dan siswa kelas XI-2 dengan jumlah 34 sebagai kelas ekperimen 2. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Sumber data yang diperoleh dalam penelitian tersebut berasal dari siswa kelas XI itu sendiri.
Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian tersebut yakni (1) sebelum kegiatan pembelajaran dengan model peta pikiran dan peta konsep dimulai, siswa diberiak pre-test pada kelass ekperimen datu dan kelas eksperiimen dua dengan jumlah soal dan materi yang sama. (2) mengumpulkan dan mengelola data kemampuan awal siswa dari kelas ekperimen satu dan kelas ekperimen dua. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari niali setelah melakukan pre-test. (3) melakukan proses pembelajaran dengan model pembelajaran peta pikiran pada kelas ekperimen satu dan melakukan proses pembelajaran peta konsep pada kelas ekperimen dua. Untuk dokumentasi dilakukan foto proses pembelajaran. (4) memberikan pos-test kepada kelas ekperimen satu dan kelas ekperimen dua setelah materi disampaikan. (5) mengumpulkan dan mengolah data pos-test kelas eksperimen satu dan kelas ekperimen dua. Sedangkan teknik analisis data dalam pengembangan tersebut adalah :
1.      Analisis Data Deskriptif
2.      Uji Prasyarat
a.       Uji Normalitas
b.      Uji Homogenitas
3.      Uji Hipotesis
a.       Uji kesamaan rata-rata pada kemampuan awal.
b.      Uji kemampuan akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar