Kajian
hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut
kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi :
Studi Perbandingan Hasil Belajar
Model Pembelajaran Peta Pikiran dan Model Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa
Kelas XI Mata Pelajaran di SMAN 1 Singosari Malang.
Jurusan/Prodi : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT : Fakultas Ekonomi/Universitas
Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun : Desember, 2011
Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang
diteliti, yang menjadi perhatian peneliti adalah: (1) Proses belahar
mengajar guru masih menggunakan metode pembelajaran yang lama, misalnya:
ceramah, tanya jawab, dan diskusi lama (diskusi yang dilakukan secara tidak
terprogram, tetapi siswa diminta berdiskusi sebangku berdua). (2) Dalam
penerapan metode ceramah siswa cenderung menjadi pasif, bosan, bahkan siswa
sering mengantuk dikelas. (3) Selama guru menjelaskan, hanya siswa yang
bertempat duduk di baris pertama dan kedua yang memperhatikan. Sedangkan siswa
yang duduk di belakang asik bermain, bercerita dengan teman sebangku,
mencoret-coret buku, dan menggambar. (4) Pada saat pembelajaran tanya jawab
dilakukan tidak banyak siswa yang aktif bertanya dan menjawab, hal ini
disebabkan oleh siswa malu bertanya, siswa takut akan menjawab salah, dan
kurang pahamnya siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh guru. (5)
Pembelajaran diskusi juga sering diterapkan akan tetapi yang aktif hanyalah
siswa tertentu saja. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa, yaitu hasil
belajar siswa kurang optimal. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut ada 2, yaitu variabel bebas
(model pembelajaran peta pikiran dan model pembelaran peta konsep) dan variabel
terkait (hasil belajar siswa diukur dari rana kongnitif).
Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian tersebut yaitu untuk
mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran peta pikiran dan model
pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran
Akuntansi di SMAN 1 Singosari Malang.
Kajian
pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.
Peta Pikiran
a. Pengertian
Peta Pikiran
b. Pembuatan
Peta Pikiran
2.
Peta Konsep
a. Pengertian
Peta Konsep
b. Cirri-ciri
Peta Konsep
c. Cara
Membuat Peta Konsep
3.
Model Pembelajaran Peta Pikiran
a. Pengertian
Model Pembelajaran Peta Pikiran
b. Kelebihan
Model Pembelajaran Peta Pikiran
c. Manfaat
Model Pembelajaran Prta Pikiran
4.
Model Pembelajaran Peta Konsep
a. Pengertian
Model Pembelajaran Peta Konsep
b. Manfaat
Model Pembelajaran Peta Konsep
c. Kelebihan
Model Pembelajaran Peta Konsep
5.
Hasil Belajar Akuntansi
Sesuai dengan variable
di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya,
sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian
tersebut yakni variabel bebas dan veriabel pusat.
Selain itu, faktor
pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, penelitian sebelumnya oleh Aulia (2010) yang
berjudul “Pengaruh Teknik Mencatat Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang”. Penelitian
tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang mengggunakan
teknik mencatat peta pikiran berbeda secara signifikan dengan siswa yang
mecatat dengan menggunakan teknik mencatat bukan peta pikiran yaitu teknik
mencatat linier. Hasil tersebut didapat berdasarkan analisis uji-t, ini berarti
teknik mencatat peta pikiran lebih baik dibandingkan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Faktor pendukung lainnya adalah penelitian oleh Lutfiyatul
(2008) tentang Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran Sebagai Upaya Mencapai
Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemasaran Barang dan Jasa Kelas XI
SMKN 1 Jombang, menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran
peta pikiran dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Sehingga kami
menyimpulkan bahwa penelitian tersebut sangat relevan dengan permasalahan yang
diteliti.
Pendekatan
penelitian yang digunakan dalam skripsi yang kami kaji adalah
pendekatan penelitian ‘Kuantitatif’ dengan metode Ekperimen Semu.
Subyek
dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji
yakni:
Subyek :SMAN 1 Singosari Malang
Obyek :Siswa kelas XI yang menempuh mata
pelajaran Akuntansi
Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi : seluruh
siswa kelas XI SMAN 1 Singosari Malang yang menempuh mata pelajaran akuntansi
yang jumlahnya 102 siswa terdiri dari kelas XI-1, XI-2, XI3. Sedangkan yang
menjadi sampelnya adalah siswa kelas XI-1 dengan jumlah 34 sebagai kelas
ekperimen 1, dan siswa kelas XI-2 dengan jumlah 34 sebagai kelas ekperimen 2.
Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Sumber
data
yang diperoleh dalam penelitian tersebut berasal dari siswa kelas XI itu
sendiri.
Sementara teknik pengumpulan data dalam
penelitian tersebut yakni (1) sebelum kegiatan pembelajaran dengan model peta
pikiran dan peta konsep dimulai, siswa diberiak pre-test pada kelass ekperimen datu dan kelas eksperiimen dua
dengan jumlah soal dan materi yang sama. (2) mengumpulkan dan mengelola data
kemampuan awal siswa dari kelas ekperimen satu dan kelas ekperimen dua. Data
kemampuan awal siswa diperoleh dari niali setelah melakukan pre-test. (3) melakukan proses
pembelajaran dengan model pembelajaran peta pikiran pada kelas ekperimen satu
dan melakukan proses pembelajaran peta konsep pada kelas ekperimen dua. Untuk
dokumentasi dilakukan foto proses pembelajaran. (4) memberikan pos-test kepada kelas ekperimen satu dan
kelas ekperimen dua setelah materi disampaikan. (5) mengumpulkan dan mengolah
data pos-test kelas eksperimen satu
dan kelas ekperimen dua. Sedangkan teknik
analisis data dalam pengembangan tersebut adalah :
1. Analisis
Data Deskriptif
2. Uji
Prasyarat
a. Uji
Normalitas
b. Uji
Homogenitas
3. Uji
Hipotesis
a. Uji
kesamaan rata-rata pada kemampuan awal.
b. Uji
kemampuan akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar