Kajian
hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut
kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi :
Pengaruh Faktor Internal dan
Ekternal Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Widya Dharma
Turen Kabupaten Malang
Jurusan/Prodi : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT : Fakultas Ekonomi/Universitas
Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun : April, 2013
Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang
diteliti, yang menjadi perhatian peneliti terutama di SMK Widya Dharma
Turen adalah siswa masih mengalami kesulitan belajar, khususnya dalam mata
pelajaran akuntansi. Hal ini ditunjukan dengan melihat hasil ulangan yang
diperoleh mencapai nilai dibawah standar kelulusan oleh sebagian besar siswa,
selain itu minat terhadap pelajaran sangat rendah khususnya pada pelajaran
akuntansi, dan letak gedung sekolah yang tidak strategis, dimana letak gedung
sekolahnya berada di tengah-tengah persawahan yang apabila pada siang hari
udaranya sangat panas sehingga siswa tidak dapat berkonsentrasi terhadap
pelajaran.
Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut ada
7, yaitu:
1.
Minat belajar
2.
Motivasi belajar
3.
Emotional
quotient (EQ)
4.
Lingkungan keluarga (peran orang tua)
5.
Lingkungan sekolah (peran guru dan
teman)
6.
Lingkungan mayarakat
7.
Prestasi belajar
Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian
tersebut adalah:
1.
Apakah faktor internal siswa berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jasa
di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?
2.
Apakah faktor eksternal siswa
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi jasa di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?
3.
Apakah faktor internal dan eksternal
siswa bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi jasa di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?
Kajian
pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.
Kajian Teori
a. Teori
Belajar
b. Pengertian
Belajar
c. Karakteristik
Mata Pelajaran Akuntansi
d. Prestasi
Belajar (Prestasi Belajar Akuntansi)
2.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi
Belajar
3.
Faktor Internal yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar
a. Minat
Belajar
b. Motivasi
Belajar
c. Kecerdasan
Emosional
4.
Faktor Eksternal yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar
a. Teman
b. Proses
Pembelajaran (sekolah)
c. Lingkungan
keluarga
Sesuai dengan variable
di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya,
sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian
tersebut.
Selain itu, faktor
pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, penelitian terdahulu hampir sama dengan
penelitian sekarang, namun yang membedakan antara penelitian terdahulu dan
penelitian yang kami kaji ini adalah dengan ditambahnya Emotioned Quotient (EQ) sebagai salah satu indicator faktor
internal kesulitan belajar. Sehingga kami menyimpulkan bahwa penelitian
tersebut sangat relevan dengan permasalahan yang diteliti.
Berikut
tabel Penelitian terdahulu yang di cantumkan dalam skripsi yang kami kaji:
No
|
Nama Peneliti
|
Judul Penelitian
|
Variabel Penelitian
|
Hasil Penelitian
|
Sumber
|
|
1
|
Nur Anita Yunikawati
|
Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar
pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP 2 Sumberpucung Kab Malang
|
-
Motivasi,
-
Minat,
-
Kebiasaan Belajar,
-
Lingkungan Keluarga,
-
Lingkungan Sekolah,
-
Prestasi Belajar.
|
-
Faktor internal
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar,
-
Faktor eksternal
berpengaruh terhadap prestasi belajar.
|
Skripsi Universitas Negeri Malang 2010
|
|
2
|
Muhammad Faktur Rozi
|
Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS di MAN Rejotangan Tulungagung
|
-
Lingkungan Masyarakat,
-
Keadaan Sosial Ekonomi
Keluarga,
-
Prestasi Belajar
|
-
Lingkungan masyarakat
berpengaruh terhadap prestasi belajar.
-
Keadaan sosial ekonomi
leuaraga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
-
Minat belajar siswa
dan keadaan ekonomi keluarga siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar.
|
Skripsi Universitas Negeri Malang 2010
|
|
Pendekatan
penelitian yang digunaSkan dalam skripsi yang kami kaji adalah
pendekatan penelitian ‘Kuantitatif’ dengan metode ‘Eksplanasi survei’. Menurut Bugin (2011:26) dalam skripsi tersebut
menjelaskan bahawa, eksplanasi survey adalah
penelitian yang bertujuan mencari hubungan sebab-akibat dari variabel-variabel
yang diteliti.
Subyek
dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji adalah:
Subyek :SMK Widya Dharma Turen Kabupaten
Malang
Obyek :Siswa Akuntansi kelas X.
Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi :
Seluruh
siswa kelas X jurusan akuntasni SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang yang
berjumlah 68 orang
Sampel : 40 orang
Pengambilan sampel
dilakukan karena keterbatasan waktu. Peneliti tersebut menemui hambatan
sedikitnya waktu penelitian yang di ijinkan oleh sekolah untuk pengambilan
data. Oleh karena itu, data yang diambil tidak bisa seluruhnya sehingga diambil
sampel. Dikarenakan oleh pendapat Arikunto (2010: 177), pengambilan sampel
perlu mempertimbangkan kemampuan peneliti dilihat dari waktu, tenaga, dan dana.
Sumber
data,
cara atau alat yang digunakan oleh peneliti dalam informasi atau keterangan
mengenai subyek penelitian (Arikunto, 2010:203). Agar mendapat data yang
relevan sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti maka pengumpulan data
tersebut adalah:
1. Angket
Menurut Sugiono
(2009:199), kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden
untuk dijawab. Pengertian ini juga diperjelas oleh Bungin (2011:133), metode
angket merupakan serangkaian atau daftar pertanyaan yang disusun secara
sistematis, kemudian dikirim untuk diisi oleh responden. Metode ini digunakan
untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan faktor internal dan faktor
eksternal siswa yang mempengaruhi prestasi belajar.
2. Dokumentasi
Sesuai dengan metode dokumentasi,
Arikunto (2010:274) metode kokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal
atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah,
parasasti, notulen, rapat, agenda, dan sebagainya. Dan diperkuat oleh pendapat
Bungin (2011:154) metode dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk
menelusuri data historis.
Sementara teknik pengumpulan data dalam
penelitian tersebut adalah membagikan angket kepada responden serta
mengumpulkan data yang berkaitan dengan hasil ulangan harian mata pelajaran
penyusunan laporan keuangan semester genap tahun 2012/2013. Sedangkan teknik analisis datanya mengggunakan:
1.
Analisis Statistik Deskriptif
Sugiyono
(2009:207) menyatakan, statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan
untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data
yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang
berlaku untuk umum atau generalisasi.
2.
Uji Asumsi Klasik
Uji
asumsi klasik dilakukan untuk keofisien statistik yang diperoleh dapat
dipertanggung jawabkan dan akurat. Dijelaskan dalam buku Sudarmanto (2005:102),
perlunya uji asumsi klasik yaitu agar besaran atau keofisien statistik yang
diperoleh benar-benar merupakan dugaan parameter yang dapat dipertanggung
jawabkan atau akurat.
3.
Analisis Regrasi
Untuk
mengetahui faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar maka
digunakan analisis regresi berganda. Analisis regresi berganda adalah analisis
tentang hubungan antara satu dependent
variable dengan dua atau lebih independen variabel (Arikunto, 2010:339).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar