Jumat, 19 Oktober 2018

RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan


Assalamualaikum Wr Wbr.
Kali ini saya bagikan RPP Khusus Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan, tapi 1 KD aja y...
Semoga dapat membatu Ibu/Bpk Guru yang mencari Referensi mengenai RPP Mapel PKK.

Oh Iya, RPP ini menjadi RPP Model saat MGMP di sekolah yang didampingi oleh pihak LPMP Prov. Gorontalo...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KOMPETENSI KEAHLIAN
:
:
:
SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO
PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
ASISTEN KEPERAWATAN, TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK DAN FARMASI
KELAS / SEMESTER
MATERI POKOK

TAHUN PELAJARAN
:
:

:
XI (SEBELAS) / 1 (GASAL)
PROSES KERJA PEMBUATAN PROTOTYPE PRODUK BARANG / JASA
2018/2019
ALOKASI WAKTU
:
10 X 45 MENIT

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran Agama.
KI.2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.      Kompetensi Dasar (KD)
3.5 Menganalisis Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa
4.5 Membuat Alur dan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5.1          Menganalisis Tahapan-tahapan Kegiatan Desain Produk
3.5.2          Menganalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Desain Produk
3.5.3          Merinci Alur dan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa
4.5.1      Membuat Alur dan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa
D.      Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui penggalian informasi (membaca buku produk kreatif dan kewirausahaan, dan mem-brousing di internet) peserta didik diharapkan mampu menganalisis tahapan-tahapan kegiatan desain produk.
2.       Melalui penggalian informasi (membaca buku produk kreatif dan kewirausahaan, dan mem-brousing di internet) peserta didik diharapkan mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk.
3.       Melalui penggalian informasi (membaca buku produk kreatif dan kewirausahaan, dan mem-brousing di internet) peserta didik diharapkan mampu merinci alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang / jasa.
4.       Melalui penugasan, peserta didik diharapkan mampu membuat proses kerja pembuatan prototype produk barang / jasa.

E.       Materi Pembelajaran
Ø  Tahapan-tahapan Kegiatan Desain Produk
Seorang product designer harus memulai tahapan-tahapan dalam merencanakan suatu produk, tahapan tersebut yaitu:
§  Memformulasikan hasil marketing research
§  Mempertimbangkan kemampuan fasilitas perusahaan
§  Membuat sketsa
§  Membuat gambar kerja
Ø  Faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk
§  Fungsi produk
§  Standard an spesifikasi desain
§  Tanggungjawab produk
§  Harga dan volume
§  Prototype
Ø  Alur dan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa
§  Diagram alur proses produksi (production flow chart diagram)
§  Prosedur pengawasan mutu produk
§  Jenis-jenis pengawasan mutu produk
§  Pemecahan masalah mutu dengan statistic
§  Alat kendali mutu


F.         Pendekatan, Model, dan Metode
1.       Pendekatan berfikir                      : Sientific
2.       Model Pembelajaran                    : Discovery learning (Pembelajaran Penemuan)
3.       Metode Pembelajaran                                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 12 (2 x 45 Menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.       Pendahuluan
1.    Memberikan salam kepada peserta didik saat masuk di kelas.
2.    Meminta peserta didik untuk merapihkan tempat duduk serta mengangkat sampah yang ada disekitar tempat duduk dan membuangnya di tempat sampah.
3.    Meminta siswa berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.       Melakukan presnsi
5.       Melakukan apersepsi
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.       Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
8.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.
10
Menit
2.       Kegiatan Inti
A.     Pemberian rangsangan (Stimulation);
·         Peserta didik duduk berkelompok
·         Guru menguraikan garis-garis besar mengenai Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
65 menit
B.      Pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)





·         Peserta didik melakukan proses identifikasi melalui diskusi kelompok dan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.
·         Guru mempersilahkan peserta didik secara berkelompok untuk membuat hipotesa mengenai Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
·         Peserta didik secara berkelompok berdiskusi untuk membuat hipotesa mengenai Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
C.      Pengumpulan data (Data Collection)
·         Guru mengajak peserta didik untuk membaca buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan.
·         Peserta didik melakukan (membaca) buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk mencari informasi dan data-data tambahan mengenai tahapan-tahapan kegiatan desain produk, faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk, serta alur dan proses kerja pembuatan protorype produk barang / jasa dari buku sumber serta brousing di internet dan menyebutkan sumber brousingnya.
·         Peserta didik melakukan proses pengumpulan data dan informasi mengenai tahapan-tahapan kegiatan desain produk, faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk, serta alur dan proses kerja pembuatan protorype produk barang / jasa dari buku sumber serta brousing di internet dan menyebutkan sumber brousingnya.
D.     Pembuktian (verification)
·         Guru mempersilahkan peserta didik secara berkelompok untuk membandingkan hasil temuan data dan informasi mengenai tahapan-tahapan kegiatan desain produk, faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk, serta alur dan proses kerja pembuatan protorype produk barang / jasa.
·         Peserta didik secara berkelompok berdiskusi membuat perbandingan dan verifikasi terhadap data dan informasi yang diperoleh dan menuliskankan hasil verifikasinya dalam lembar notulensi.
E.      Menarik kesimpulan (generalization)
·         Guru mempersilahkan peserta didik secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji.
·         Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar notulensi.
·         Peserta didik (perwakilan kelompok) mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas secara bergiliran mengenai materi yang dikaji.
·         Peserta didik dari kelompok lain menanggapi hasil kesimpulan yang dipaparkan.
·         Peserta didik antar kelompok berdiskusi untuk menghasilkan kesimpulan yang paling tepat.

3.       Penutup
1.    Peserta didik diminta untuk menyimpulkan tahapan-tahapan kegiatan desain produk, faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk, serta alur dan proses kerja pembuatan protorype produk barang / jasa .
2.    Guru mengevaluasi dengan cara memberikan pertanyaan tahapan-tahapan kegiatan desain produk, faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk, serta alur dan proses kerja pembuatan protorype produk barang / jasa .
3.    Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dan evaluasi dari hasil pembelajaran.
4.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada peserta didik untuk mempelajarinya kembali dirumah, tentang materi yang telah dibahas.
5.    Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran.
15 menit

Pertemuan ke 13 (2 x 45 Menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.Pendahuluan
1.      Memberikan salam kepada peserta didik saat masuk di kelas.
2.      Meminta peserta didik untuk merapihkan tempat duduk serta mengangkat sampah yang ada disekitar tempat duduk dan membuangnya di tempat sampah.
3.      Meminta siswa untuk berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.      Melakukan presnsi
5.      Melakukan apersepsi
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.      Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
8.      Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.
10
Menit
2.Kegiatan Inti
1.       Peserta didik duduk berkelompok
2.       Secara bergiliran tiap-tiap kelompok yang belum presentasi, mempresentasikan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.       Peserta didik dari kelompok lain memberikan pertanyaan kepada kelompok penyaji.
4.       Kelompok penyaji menjawab pertanyaan yang telah disampaikan oleh kelompok penanya.
5.       Guru memberikan informasi tambahan terhadap jawaban peserta didik.
65 Menit
3.Penutup
1.       Peserta didik diminta untuk menyimpulkan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
2.       Guru mengevaluasi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai  Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.       Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dan evaluasi dari hasil pembelajaran.
4.       Guru mengkhiri kegiatan belajar dan sebagai tindak lanjut, guru meminta peserta didik untuk menambah wawasan mengenai Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.       Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran.



15 Menit

Pertemuan Ke 14 (2 x 45 Menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.Pendahuluan
1.    Memberikan salam kepada peserta didik saat masuk di kelas.
2.    Meminta peserta didik untuk merapihkan tempat duduk serta mengangkat sampah yang ada disekitar tempat duduk dan membuangnya di tempat sampah.
3.    Meminta siswa untuk berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.    Melakukan presnsi
5.    Melakukan apersepsi
6.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.    Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
8.     Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.
10
Menit
2.Kegiatan Inti
1.    Peserta didik duduk berkelompok
2.    Secara bergiliran tiap-tiap kelompok yang belum presentasi, mempresentasikan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.    Peserta didik dari kelompok lain memberikan pertanyaan kepada kelompok penyaji.
4.    Kelompok penyaji menjawab pertanyaan yang telah disampaikan oleh kelompok penanya.
5.     Guru memberikan informasi tambahan terhadap jawaban peserta didik.
65 Menit
3.Penutup
1.     Peserta didik diminta untuk menyimpulkan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
2.    Guru mengevaluasi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai  Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.    Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dan evaluasi dari hasil pembelajaran.
4.     Guru mengkhiri kegiatan belajar dan sebagai tindak lanjut, guru meminta peserta didik untuk menambah wawasan mengenai Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa serta meminta peserta didik untuk menyiapkan pembuatan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.     Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran.



15 Menit

Pertemuan Ke 15 (2 x 45 Menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.Pendahuluan
1.    Memberikan salam kepada peserta didik saat masuk di kelas.
2.    Meminta peserta didik untuk merapihkan tempat duduk serta mengangkat sampah yang ada disekitar tempat duduk dan membuangnya di tempat sampah.
3.    Meminta siswa untuk berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.    Melakukan presnsi
5.    Melakukan apersepsi
6.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.    Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
8.     Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.
10
Menit
2.Kegiatan Inti
1.    Peserta didik duduk berkelompok
2.    Guru meminta peserta didik untuk membuat Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.    Peserta didik mulai membuat Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
4.    Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru mengenai kesulitan yang peserta didik alami pada saat pembuatan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.     Guru memberikan penjelasan sekaligus informasi tambahan terhadap peserta didik.
65 Menit
3.Penutup
1.     Peserta didik diminta untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.    Guru mengevaluasi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai  Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.     Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dan evaluasi dari hasil pembelajaran.
4.    Guru mengkhiri kegiatan belajar dan sebagai tindak lanjut, guru meminta peserta didik untuk mempelajari kembali Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.     Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran.



15 Menit

Pertemuan Ke 16 (2 x 45 Menit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.Pendahuluan
1.       Memberikan salam kepada peserta didik saat masuk di kelas.
2.       Meminta peserta didik untuk merapihkan tempat duduk serta mengangkat sampah yang ada disekitar tempat duduk dan membuangnya di tempat sampah.
3.       Meminta siswa untuk berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.       Melakukan presnsi
5.       Melakukan apersepsi
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.       Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
8.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.
10
Menit
2.Kegiatan Inti
1.       Peserta didik duduk berkelompok
2.       Guru meminta peserta didik untuk membuat Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.       Peserta didik mulai membuat Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
4.       Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru mengenai kesulitan yang peserta didik alami pada saat pembuatan Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.       Guru memberikan penjelasan sekaligus informasi tambahan terhadap peserta didik.
65 Menit
3.Penutup
1.         Peserta didik diminta untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.         Guru mengevaluasi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai  Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
3.         Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dan evaluasi dari hasil pembelajaran.
4.         Guru mengkhiri kegiatan belajar dan sebagai tindak lanjut, guru meminta peserta didik untuk mempelajari Lembar Kerja / Gambar Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang / Jasa.
5.         Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran.



15 Menit

H.     MEDIA, ALAT/BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.       Media                  : Labtop dan in Focus
2.       Alat                       : Papan tulis dan Spidol
3.       Bahan                  : Absen dan Daftar Nilai
4.       Sumber Belajar                : Buku Produk Kreaif dan Kewirausahaan serta internet (www.kewirausahaan.net)

I.        Penilaian Hasil Belajar (PHB)
a.       Sikap
-          Observasi
No
Hari/Tgl
Nama Siswa
Kelas
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut











b.      Pengetahuan
Ø  Bentuk Tes          : Lisan dan Tulisan
Ø  Jenis Tes              : Pilihan ganda dan Uraian
Ø  Contoh soal       
§  Pilihan Ganda (skor 1 jika benar)
ü  Dalam tahapan-tahapan prototype ada salah satu tahapan yang dibuat tidak harus mempresentasikan fungsi produk secara keseluruhan dan dibuat pada skala yang seperlunya saja untuk membuktikan konsep dari pembuatan produk dan menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Disebut…
a.    Working model
b.    Prototype rekayasa
c.     Prototype produksi
d.    Qualified production item
e.    Model
§  Rubrik Penilaian Pilihan Ganda
No
Nama Siswa
Kelas
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Skor










                                               
                                             Keterangan : *Menyesuaikan dengan jumlah soal dan bobot
§  Uraian (skor 5 jika benar)
ü  Apa yang akan terjadi jika kemasan produk yang dibuat tidak menarik perhatian pelanggan?
§  Rubrik penilaian Uraian
No
Nama Siswa
Kelas
Soal 1
Soal 2
Soal 3
Soal 4
Soal 5
Total Skor
Skor rata-rata














                        Keterangan : *Menyesuaikan dengan jumlah tugas
Ø                  Penugasan
§  Tugas Rumah
ü  Carilah contoh kemasan produk dan berikan analisis pribadi dari kemasan yang anda temukan
§  Rubrik Penilaian Tugas
No
Nama Siswa
Kelas
Tugas 1
Tugas 2
Tugas 3
Total Skor Tugas
Skor rata-rata













Keterangan         : *Menyesuaikan dengan jumlah tugas
c.       Keterampilan
Ø  Hasil Kerja
§  Rubrik Penilaian
No
Nama Siswa
Kelas
Kemampuan Presntasi
Kemampuan Argumentasi
Kemampuan Menjawab
Penguasaan Materi
Total Nilai
Rata-rata Nilai















Gorontalo,                  2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,


Jamaluddin Hamid, SP, M.Si                                                                      Vebriyanto Albakir, S.Pd
NIP. 19690903 199802 1




3 komentar:

  1. mantabbbbsss.... semoga barokah ya pak guru dalam menularkan ilmunya.... untuk smua kd ada tidak filenya.... boleh yaa minta

    BalasHapus
  2. mantap dan menambah khazanah berpikir

    BalasHapus