Panduan Menyusun Tes Benar Salah
1. Semua
item dapat sihubungkan ke objek dan dimasukan dalam level kompleksitas subjek
(indikator pencapaian kongnitif).
2. Penentu
spesifik sudah di hindari
3. Sekitra
setengah pernyataan yang salah
4. Item
tegas Benar atau Salah
5. Item
dinyatakan positif jika memungkinkan
6. Petunjuk
untuk siswa jelas
7. Metode
penilaian jelas bagi siswa
8. Laporan
tric telah dieliminasi
9. Sumber
bahan di paragrafkan sebelum dimasukan/disertakan pada tes
Panduan
Menyusun Tes Pilihan-Ganda
A. Items
1.
Tugas siswa jelas
2.
Metode penilaian untuk siswa jelas
3.
Kosa kata yang tersedia sesuai dengan
kemampuan siswa
4.
Item bukan ukuran pendapat
5.
Item-item tidak bergantung pada item
lain
6.
Pertanyaan-pertanyaan yang menjebak
sudah dihilangkan
7.
Jika memungkinkan. Item-item telah dinyatakan
secara positif
8.
Penggaris bawahan atau penekanan kalimat
negative
9.
Petunjuk kepada siswa jelas
10.
Sumber materi telah diuraikan secara
jelas sebelum dimasukan ke dalam tes.
B. Stems
1.
Setiap ukuran batang tujuan penting tunggal
pada tingkat dimaksudkan
kompleksitas.
2.
Tata bahasa benar
3.
Kalimat panjang tidak penting
4.
Kalimat hanya mengandung informasi yang
relevan
5.
Petunjuk spesifik telah dihilangkan
6.
Kalimat telah diuraikan dan bukan
merupakan salinan
7.
Item-item bebas dari bias (jenis
kelamin, suku, social, usia, agama dll)
8.
Jumlah ruang kosong di batang
substitusi terbatas tidak lebih dari dua-dan
hanya bila diperlukan
C. Options
1.
Pilihannya serupa
2.
Petunjuk spesifik telah dihindari
3.
Letak jawaban yang benar bervariasi
4.
Jawaban yang salah tidak bisa
dipertahankan sebagai jawaban yang terbaik atau benar
5.
Semua jawaban yang salah masuk akal
6.
Jawaban yang benar adalah panjang yang sama dengan gangguan lainnya
7.
"Tidak ada di
atas" hanya digunakan dengan
benar-jawaban-jenis
item.
8.
Kesesuaian nomor pilihan-pilihan telah disusun
secara sekuen
9.
Pilihan-pilihan yang terlalu banyak
(tumpang tindih) telah dihindari.
10.
Setiap item memiliki tiga hingga lima pilihan.
11.
Pilihan-pilihan tidak diisi dengan
hal-hal sepeleh
12.
"Semua di atas" pilihan dihindari.
13.
Jawaban yang benar tidak bisa ditentukan
sendiri oleh pilihan-pilihan yang diuji
14.
Pilihan-pilihan tidak berisi
elemen-elemen yang umum yang bisa dimasukan dalam kalimat
15.
Tingkatkan pilihan yang sulit, sudah
tepat
16.
Pilihan-pilihan yang benar dan terbaik
tidak berisi kata-kata yang sama yang muncul dalam kalimat.
17.
Tidak lebih dari satu jawaban yang benar
dan terbaik.
Panduan Menyusun Tes Essay
1. Setiap item mengukur tujuan penting di dituju tingkat kompleksitas (tidak
tingkat 1,00 taksonomi Bloom).
C2-C6
2.
Tujuannya diukur terbaik
dengan esai.
3.
Tugas siswa pada esai dinyatakan dengan jelas.
4. Metode penilaian yang memutuskan
pada item waktu
ditulis.
5. Sebuah
perbedaan yang jelas telah dibuat antara esai tes prestasi dan tes esai mengukur
keterampilan menulis:
a. Siswa menerima item yang
sama pada esai tes prestasi
b.
Siswa diberi pilihan topik ketika
isi pokok bahasan tidak relevan
6. Instruksi kepada siswa
menentukan bagaimana item akan diukur dalam kaitannya dengan sisa pemeriksaan.
7. Makalah dibaca oleh
lebih dari satu penilai, atau jika hanya satu penilai
adalah mungkin, esai akan kembali dibaca
oleh penilai yang sama.
8. Makalah dibaca dengan nama siswa dihapus
atau ditutupi.
9. Hanya satu item dibaca
pada waktu bagi semua siswa
10. Item sebelumnya mencetak
tidak melihat ketika
mencetak item saat
ini
11. Siswa diberi informasi tentang kebijakan untuk mencetak
tidak relevan atau salah tanggapan.
12. Siswa diberitahu tentang prosedur penilaian dan kriteria
untuk menetapkan peringkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar