Sabtu, 12 April 2014

Kajian Sripsi Pengembangan



Kajian hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi             :
Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Untuk Siswa SMA Kelas XI SMAN 6 Malang
Jurusan/Prodi            : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT               : Fakultas Ekonomi/Universitas Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun             : Agustus, 2013

Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang diteliti, yang menjadi perhatian peneliti adalah kegiatan pembelajaran Akunatnsi di SMAN 6 Malang masih memanfaatkan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS yang digunakan oleh sisiwa tersebut hanya berisi rangkuman materi dan latihan soal yang tidak dibuat oleh guru sendiri, melainkan dari penerbit. Sementara itu format LKS yang disajikan berisikan materi yang kurang jelas, baik dari segi pengertian materi, ataupun uraian materinya. Contoh-contoh soal yang disajikan juga tidak sesuai dengan lembar jawaban yang disediakan untuk siswa sehingga seringkali menyebabkan kebingungan dalam diri sisiwa. Pertanyaan-pertanyaan dalam LKS masih bersifat literal, sehingga juga kurang konnstruktivis dan aplikatif terhadap materi yang sedang dipelajari. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut hanya ada 1, yaitu Pengembangan Buku Ajar.
Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian tersebut yaitu untuk menghasilkan produk buku ajar akuntansi materi penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa dengan model siklus 5E untuk siswa kelas XI SMAN 6 Malang, sehingga dapat digunakan untuk membantu dan mempermudah siswa selama proses pembelajaran.
Kajian pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.      Pembelajaran Konstruktivistik
2.      Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E
a.       Engagement
b.      Exploration
c.       Explanation
d.      Elaboration/Extension
e.       Evaluation
3.      Model Pengembangan 4D
a.       Define
b.      Design
c.       Develop
d.      Disseminate
4.      Buku Ajar AKuntansi
Sesuai dengan variable di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya, sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian tersebut yakni Pengembangan Buku Ajar.
Selain itu, faktor pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, penelitian sebelumnya yang mendukung pengunaan buku ajar dengan siklus 5E ini disampaikan oleh Al rochim (2012) bahwa pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada kelas X semester 1 di SMK Shalahuddin Malang dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran karena buku ajar tersebut belum tersedia dan belum dikembangkan di SMK Shalahuddin Malang. Dukungan lainnya juga diungkapkan oleh Krisnawati (2011) bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan animasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang. Sehingga kami menyimpulkan bahwa penelitian tersebut sangat relevan dengan permasalahan yang diteliti.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi yang kami kaji adalah pendekatan penelitian ‘Kuantitatif’ dengan model pengembangan  Thiagarajan.
Subyek dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji yakni:
Subyek            :SMAN 6 Malang kelas XI
Obyek             :Guru yang Mengajar Pelajaran Akunatnsi dan Siswa kelas XI IPS 3 SMAN 6 Malang.


Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi dalam penelitian pengembangan tersebut adalah Seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang, sedangkan yang menjadi sampelnya atau percobaan pengembangan adalah siswa kelas XI IPS-3 SMAN 6 Malang.
Sumber data yang diperoleh dalam penelitian tersebut berasal dari ahli materi, ahli media dan siswa yang dikemas dalam sebuah angket yang diberikan kepada responden tersebut.
Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian tersebut yakni data yang diperoleh dari pengembangan buku ajar berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi buku ajar, sementara data kualitatif berupa data komentar dan saran yang diberikan oleh validator buku ajar. Lembar pengamatan keterampilan buku ajar dalam pembelajaran dianalisis secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah hasil ceklist pada lembar pengamatan keterampilan buku ajar yang hasilnya kemudian disesuaikan dengan criteria. Sedangkan teknik analisis data dalam pengembangan tersebut adalah hasil penilaian oleh tim ahli dan siswa pada angket yang telah disediakan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuanitatif dan data kualitatif. Data kuabtitatif berupa nilai rata-rata angket. Data ini berupa angka-angka yaitu 4,3,2,1. Angka-angka tersebut kemudian dikuantitatifkan sehingga dapat disimpulkan tingkat kevalidan buku ajar. Data kualitatif berupa saran, kritik dan tanggapan dari validator. Jawaban angket menggunakan skala Likert dengan kategori sebagai berikut (diadaptasi dari Sugiyono, 1999):
1.      Angka 4 berarti, sangat baik/sangat menarik/sangat layak/sangat mudah/sangat sesuai/sangat tepat.
2.      Angka 3 berarti, baik/menarik/layak/mudah/sesuai/tepat
3.      Angka 2 berarti, cukup baik/cukup menarik/cukup layak/cukup mudah/cukup sesuai/cukup tepat
4.      Angka 1 berarti, kurang baik/kurang menarik/kurang layak/kurang mudah/kurang sesuai/kurang tepat.


Data skor yang diperoleh dirata-rata tiap aspeknya kemudian dirubah dalam bentuk prosentase. Rumus untuk mengolah data per subyek adalah:
P = x / xi X 100%
Sedangkan rumus yang digunakan untuk mengolah data secara keseluruhan subyek adalah:
P =
Keterangan :
P          = prosentase
∑X      = jumlah jawaban seluruh responden dalam satu item pertanyaan
∑X1    = jumlah jawaban ideal dalam satu item
100%   = konstanta
(Arikunto, 2008)
Pada table berikut ini disajikan kriteria kevalidan data angket penilaian validasi tim ahli dan siswa ditunjukan dari hasil prosentase kriteria.
Skala Nilai (100%)
Keterangan
>85
75-85
51-74
<50
Sangat Valid / digunakan
Valid / digunakan
Kurang Valid / diganti
Sangat Kurang Valid / diganti
 (diadabtasi oleh peneliti, dari Suryabrata 1983, dalam Ismail, 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar