Sabtu, 12 April 2014

Kajian Skripsi Eksplanasi Survei



Kajian hasil penelitian di perpustakaan untuk kelompok kami adalah ‘SKRIPSI’. Berikut kami jabarkan identitas Skripsi tersebut.
Judul Skripsi             :
Pengaruh Faktor Internal dan Ekternal Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang
Jurusan/Prodi            : Akuntansi/S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas/PT               : Fakultas Ekonomi/Universitas Negeri Malang (UM)
Bulan/Tahun             : April, 2013

Berdasarkan kajian dari later belakang masalah yang diteliti, yang menjadi perhatian peneliti terutama di SMK Widya Dharma Turen adalah siswa masih mengalami kesulitan belajar, khususnya dalam mata pelajaran akuntansi. Hal ini ditunjukan dengan melihat hasil ulangan yang diperoleh mencapai nilai dibawah standar kelulusan oleh sebagian besar siswa, selain itu minat terhadap pelajaran sangat rendah khususnya pada pelajaran akuntansi, dan letak gedung sekolah yang tidak strategis, dimana letak gedung sekolahnya berada di tengah-tengah persawahan yang apabila pada siang hari udaranya sangat panas sehingga siswa tidak dapat berkonsentrasi terhadap pelajaran.
Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian tersebut ada 7, yaitu:
1.      Minat belajar
2.      Motivasi belajar
3.      Emotional quotient (EQ)
4.      Lingkungan keluarga (peran orang tua)
5.      Lingkungan sekolah (peran guru dan teman)
6.      Lingkungan mayarakat
7.      Prestasi belajar
Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian tersebut adalah:
1.      Apakah faktor internal siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jasa di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?
2.      Apakah faktor eksternal siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jasa di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?
3.      Apakah faktor internal dan eksternal siswa bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jasa di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang?

Kajian pustaka di dalam penelitian tersebut adalah
1.      Kajian Teori
a.       Teori Belajar
b.      Pengertian Belajar
c.       Karakteristik Mata Pelajaran Akuntansi
d.      Prestasi Belajar (Prestasi Belajar Akuntansi)
2.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
3.      Faktor Internal yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
a.       Minat Belajar
b.      Motivasi Belajar
c.       Kecerdasan Emosional
4.      Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
a.       Teman
b.      Proses Pembelajaran (sekolah)
c.       Lingkungan keluarga
Sesuai dengan variable di atas kajian pustaka yang telah di angkat sangat relavan dengan variabelnya, sebab kajian pustakanya telah mencakup apa yang menjadi variable penelitian tersebut.
Selain itu, faktor pendukung lain penelitian tersebut disertai dengan penelitian terdahhulu, penelitian terdahulu hampir sama dengan penelitian sekarang, namun yang membedakan antara penelitian terdahulu dan penelitian yang kami kaji ini adalah dengan ditambahnya Emotioned Quotient (EQ) sebagai salah satu indicator faktor internal kesulitan belajar. Sehingga kami menyimpulkan bahwa penelitian tersebut sangat relevan dengan permasalahan yang diteliti.
Berikut tabel Penelitian terdahulu yang di cantumkan dalam skripsi yang kami kaji:
No
Nama Peneliti
Judul Penelitian
Variabel Penelitian
Hasil Penelitian
Sumber

1
Nur Anita Yunikawati
Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP 2 Sumberpucung Kab Malang
-          Motivasi,
-          Minat,
-          Kebiasaan Belajar,
-          Lingkungan Keluarga,
-          Lingkungan Sekolah,
-          Prestasi Belajar.
-          Faktor internal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar,
-          Faktor eksternal berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Skripsi Universitas Negeri Malang 2010








2
Muhammad Faktur Rozi
Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS di MAN Rejotangan Tulungagung
-          Lingkungan Masyarakat,
-          Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga,
-          Prestasi Belajar
-          Lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar.
-          Keadaan sosial ekonomi leuaraga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
-          Minat belajar siswa dan keadaan ekonomi keluarga siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Skripsi Universitas Negeri Malang 2010





















Pendekatan penelitian yang digunaSkan dalam skripsi yang kami kaji adalah pendekatan penelitian ‘Kuantitatif’ dengan metode ‘Eksplanasi survei’. Menurut Bugin (2011:26) dalam skripsi tersebut menjelaskan bahawa, eksplanasi survey adalah penelitian yang bertujuan mencari hubungan sebab-akibat dari variabel-variabel yang diteliti.
Subyek dan obyek penelitian yang ada di skripsi yang kami kaji adalah:
Subyek            :SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang
Obyek             :Siswa Akuntansi kelas X.
Sedangkan populasi dan sampelnya adalah:
Populasi           :
Seluruh siswa kelas X jurusan akuntasni SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 68 orang
Sampel                        : 40 orang
Pengambilan sampel dilakukan karena keterbatasan waktu. Peneliti tersebut menemui hambatan sedikitnya waktu penelitian yang di ijinkan oleh sekolah untuk pengambilan data. Oleh karena itu, data yang diambil tidak bisa seluruhnya sehingga diambil sampel. Dikarenakan oleh pendapat Arikunto (2010: 177), pengambilan sampel perlu mempertimbangkan kemampuan peneliti dilihat dari waktu, tenaga, dan dana.
Sumber data, cara atau alat yang digunakan oleh peneliti dalam informasi atau keterangan mengenai subyek penelitian (Arikunto, 2010:203). Agar mendapat data yang relevan sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti maka pengumpulan data tersebut adalah:
1.      Angket
Menurut Sugiono (2009:199), kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Pengertian ini juga diperjelas oleh Bungin (2011:133), metode angket merupakan serangkaian atau daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis, kemudian dikirim untuk diisi oleh responden. Metode ini digunakan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan faktor internal dan faktor eksternal siswa yang mempengaruhi prestasi belajar.
2.      Dokumentasi
Sesuai dengan metode dokumentasi, Arikunto (2010:274) metode kokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, parasasti, notulen, rapat, agenda, dan sebagainya. Dan diperkuat oleh pendapat Bungin (2011:154) metode dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk menelusuri data historis.
Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian tersebut adalah membagikan angket kepada responden serta mengumpulkan data yang berkaitan dengan hasil ulangan harian mata pelajaran penyusunan laporan keuangan semester genap tahun 2012/2013. Sedangkan teknik analisis datanya mengggunakan:
1.      Analisis Statistik Deskriptif
Sugiyono (2009:207) menyatakan, statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
2.      Uji Asumsi Klasik
Uji asumsi klasik dilakukan untuk keofisien statistik yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan dan akurat. Dijelaskan dalam buku Sudarmanto (2005:102), perlunya uji asumsi klasik yaitu agar besaran atau keofisien statistik yang diperoleh benar-benar merupakan dugaan parameter yang dapat dipertanggung jawabkan atau akurat.
3.      Analisis Regrasi
Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar maka digunakan analisis regresi berganda. Analisis regresi berganda adalah analisis tentang hubungan antara satu dependent variable dengan dua atau lebih independen variabel (Arikunto, 2010:339).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar