Jumat, 15 Maret 2013

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Identitas Mata Pelajaran      :
      Nama Perguruan Tinggi    : Universitas Negeri Gorontalo
      Fakultas                             :  Ekonomi dan Bisnis
      Jurusan                              : Pendidikan Ekonomi
      Kelas/ Semester                 :  A / 3 (tiga)
           Mata Pelajaran                  :  Perkembangan Peserta Didik
      Pertemuan                         : 
      Alokasi waktu                   :  

Standar Kompetensi             :
                                     Mendeskripsikan faktor-faktor perkembangan
Kompetensi Dasar                 :
Memahami dan Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan serta  faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Indikator                                :
1.      Menjelaskan factor genetika
2.      Mendeskripsikan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
3.      Mendeskripsikan Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
I. Tujuan Pembelajaran       :  
      Setelah mempelajari materi, diharapkan :
a.       Mahasiswa dapat menjelesakan perbedaan antara Perkembangan dan Pertumbuhan.
b.      Mahasiswa dapat mengetahui apa saja faktor-faktor Perkembangan.
c.       Mahasiswa dapat mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi perkemabangan
d.      Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui factor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
e.       Mahasiswa dapat menilai dirinya apakah tumbuh atau berkembang ataupun tumbuh dan berkembang.

II.  Materi Pokok Pembelajaran      :
1.      Faktor-faktor perkembangan
2.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkemabangn.
3.      Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
                                         
III. Metode Pembelajaran    :
a.         Metode pembelajaran :
-       Ceramah Bervariasi
-       Tanya jawab
-       Diskusi kelompok

b.      Model Pembelajaran :
                                    -  Pembelajaran Kooperatif

Tipe                             :
                                    - Tebak Kata



IV. Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegaiatan Awal
-          Memberikan salam
-          Mengajak mahasiswa untuk Berdoa
-          Mengecek kehadiran Mahasiswa
-          Menjelaskan topik, tujuan dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari, strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
-          Dosen melakukan review terhadap materi yang sudah diajarkan
2.      Kegiatan inti
                Eksplorasi
-          Dosen menjelaskan materi factor-factor perkembangan
Elaborasi
-          Suruhlah Mahasiswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
-          Seorang Mahasiswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang Mahasiswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
-          Sementara mahasiswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
-          Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
                Konfirmasi
-       Dosen memberikan penjelasan kembali berdasarkan jawaban dari mahasiswa
-       Untuk mengecek kemampuan mahasiswa
-       Dosen memberikan tes uraian
3.      Kegiatan penutup
-          Dosen dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
-          Menutup pelajaran
-          Dosen menginformasikan materi selanjutnya pada pertemuan berikutnya

V. Sumber / Alat dan Bahan Pembelajaran:
1)      Buku Perkembangan Peserta didik ()
2)      White board
3)      Spidol
4)      LCD (bila diperlukan)
VI. Penilaian Hasil Belajar
      1.   Tehnik Penilaian
           - Tertulis
           -  Diskusi Kelompok
VII.  Penilaian Unjuk Kerja
      Lembar Observasi penilaian unjuk kerja

No
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
5
















            Keterangan :
1.      Kemampuan untuk pertanyaan
2.      Kemampuan untuk menyimak materi
3.      Kemampuan untuk berdiskusi Kemampuan untuk mempresentasikan di dalam kelas
4.      Kemampuan untuk bertanya
1.      Tidak baik
2.      Baik
3.      Sangat baik
                     5. Bahasa
v  Penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami materi.
v  Penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan secara lisan.

                                                                                                Gorontalo,      Desember  2012


                                                             Mengetahui
      Guru Mata Pelajaran                                                                  Mahasiswa Kelompok 3

                                                                                                     
     Badriyah Djula , S.Pd.M.Pd                                                       VEBRIYANTO ALBAKIR
  NIP :                                                                                                 NIM : 911411164
                                                                                                            
                                                                                                            
                                                                                                            
                                                                                                            
                                                                                                            
                                                                                                             
                                                                                                            
                                                            


                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar