RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Identitas Mata
Pelajaran :
Nama Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Gorontalo
Fakultas :
Ekonomi dan Bisnis
Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
Kelas/
Semester :
A / 3 (tiga)
Mata
Pelajaran :
Perkembangan Peserta
Didik
Pertemuan :
Alokasi
waktu :
Standar Kompetensi :
Mendeskripsikan faktor-faktor perkembangan
Kompetensi Dasar :
Memahami
dan Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Indikator :
1.
Menjelaskan factor
genetika
2.
Mendeskripsikan
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
3.
Mendeskripsikan Faktor
lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi, diharapkan :
a. Mahasiswa
dapat menjelesakan perbedaan antara Perkembangan dan Pertumbuhan.
b. Mahasiswa
dapat mengetahui apa saja faktor-faktor Perkembangan.
c. Mahasiswa
dapat mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi perkemabangan
d. Mahasiswa
dapat memahami dan mengetahui factor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
e. Mahasiswa
dapat menilai dirinya apakah tumbuh atau berkembang ataupun tumbuh dan
berkembang.
II. Materi Pokok Pembelajaran :
1.
Faktor-faktor
perkembangan
2.
Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Perkemabangn.
3.
Faktor lingkungan yang
mempengaruhi perkembangan
III. Metode Pembelajaran :
a.
Metode pembelajaran
:
- Ceramah Bervariasi
- Tanya jawab
- Diskusi kelompok
b.
Model Pembelajaran
:
- Pembelajaran Kooperatif
Tipe :
-
Tebak Kata
IV. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegaiatan Awal
-
Memberikan salam
-
Mengajak mahasiswa
untuk Berdoa
-
Mengecek kehadiran Mahasiswa
-
Menjelaskan topik,
tujuan dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari, strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
-
Dosen melakukan review terhadap materi yang sudah diajarkan
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Dosen menjelaskan materi factor-factor
perkembangan
Elaborasi
-
Suruhlah Mahasiswa
berdiri didepan kelas dan berpasangan
-
Seorang Mahasiswa
diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya.
Seorang Mahasiswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya
tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan
ditelinga.
-
Sementara mahasiswa
membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara
pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila
sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
-
Apabila jawabannya
tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum
tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain
asal jangan langsung memberi jawabannya.
Konfirmasi
-
Dosen memberikan penjelasan kembali berdasarkan jawaban dari mahasiswa
-
Untuk mengecek
kemampuan mahasiswa
-
Dosen memberikan tes uraian
3.
Kegiatan penutup
-
Dosen dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
-
Menutup pelajaran
-
Dosen menginformasikan materi selanjutnya
pada pertemuan berikutnya
V. Sumber / Alat dan Bahan
Pembelajaran:
1)
Buku
Perkembangan Peserta didik ()
2)
White board
3)
Spidol
4)
LCD (bila diperlukan)
VI. Penilaian
Hasil Belajar
1. Tehnik Penilaian
- Tertulis
-
Diskusi Kelompok
VII. Penilaian Unjuk Kerja
Lembar Observasi penilaian unjuk kerja
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang di nilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Kemampuan
untuk pertanyaan
2. Kemampuan
untuk menyimak materi
3. Kemampuan
untuk berdiskusi Kemampuan untuk mempresentasikan di dalam kelas
4. Kemampuan
untuk bertanya
1. Tidak
baik
2. Baik
3. Sangat
baik
5.
Bahasa
v Penilaian
terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami materi.
v Penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menjawab
pertanyaan secara lisan.
Gorontalo,
Desember 2012
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa
Kelompok 3
Badriyah Djula , S.Pd.M.Pd VEBRIYANTO ALBAKIR
NIP : NIM
: 911411164
Tidak ada komentar:
Posting Komentar