Sabtu, 12 April 2014

Panduan Menyusun Tes Benar Salah, Pilihan Ganda dan Essay



Panduan Menyusun Tes Benar Salah
1.      Semua item dapat sihubungkan ke objek dan dimasukan dalam level kompleksitas subjek (indikator pencapaian kongnitif).
2.      Penentu spesifik sudah di hindari
3.      Sekitra setengah pernyataan yang salah
4.      Item tegas Benar atau Salah
5.      Item dinyatakan positif jika memungkinkan
6.      Petunjuk untuk siswa jelas
7.      Metode penilaian jelas bagi siswa
8.      Laporan tric telah dieliminasi
9.      Sumber bahan di paragrafkan sebelum dimasukan/disertakan pada tes

Panduan Menyusun Tes Pilihan-Ganda
A.    Items
1.      Tugas siswa jelas
2.      Metode penilaian untuk siswa jelas
3.      Kosa kata yang tersedia sesuai dengan kemampuan siswa
4.      Item bukan ukuran pendapat
5.      Item-item tidak bergantung pada item lain
6.      Pertanyaan-pertanyaan yang menjebak sudah dihilangkan
7.      Jika memungkinkan. Item-item telah dinyatakan secara positif
8.      Penggaris bawahan atau penekanan kalimat negative
9.      Petunjuk kepada siswa jelas
10.  Sumber materi telah diuraikan secara jelas sebelum dimasukan ke dalam tes.
B.     Stems
1.      Setiap ukuran batang tujuan penting tunggal pada tingkat dimaksudkan kompleksitas.
2.      Tata bahasa benar
3.      Kalimat panjang tidak penting
4.      Kalimat hanya mengandung informasi yang relevan
5.      Petunjuk spesifik telah dihilangkan
6.      Kalimat telah diuraikan dan bukan merupakan salinan
7.      Item-item bebas dari bias (jenis kelamin, suku, social, usia, agama dll)
8.      Jumlah ruang kosong di batang substitusi terbatas tidak lebih dari  dua-dan hanya bila diperlukan
C.     Options
1.      Pilihannya serupa
2.      Petunjuk spesifik telah dihindari
3.      Letak jawaban yang benar bervariasi
4.      Jawaban yang salah tidak bisa dipertahankan sebagai jawaban yang terbaik atau benar
5.      Semua jawaban yang salah masuk akal
6.      Jawaban yang benar adalah panjang yang sama dengan gangguan lainnya
7.      "Tidak ada di atas" hanya digunakan dengan benar-jawaban-jenis item.
8.      Kesesuaian nomor pilihan-pilihan telah disusun secara sekuen
9.      Pilihan-pilihan yang terlalu banyak (tumpang tindih) telah dihindari.
10.  Setiap item memiliki tiga hingga lima pilihan.
11.  Pilihan-pilihan tidak diisi dengan hal-hal sepeleh
12.  "Semua di atas" pilihan dihindari.
13.  Jawaban yang benar tidak bisa ditentukan sendiri oleh pilihan-pilihan yang diuji
14.  Pilihan-pilihan tidak berisi elemen-elemen yang umum yang bisa dimasukan dalam kalimat
15.  Tingkatkan pilihan yang sulit, sudah tepat
16.  Pilihan-pilihan yang benar dan terbaik tidak berisi kata-kata yang sama yang muncul dalam kalimat.
17.  Tidak lebih dari satu jawaban yang benar dan terbaik.






Panduan Menyusun Tes Essay
1.      Setiap item mengukur tujuan penting di dituju  tingkat kompleksitas (tidak tingkat 1,00 taksonomi Bloom). C2-C6
2.      Tujuannya diukur terbaik dengan esai.
3.      Tugas siswa pada esai dinyatakan dengan jelas.
4.      Metode penilaian yang memutuskan pada item waktu  ditulis.
5.      Sebuah perbedaan yang jelas telah dibuat antara esai  tes prestasi dan tes esai mengukur keterampilan menulis:
a.       Siswa menerima item yang sama pada esai tes prestasi
b.      Siswa diberi pilihan topik ketika isi pokok bahasan tidak relevan
6.      Instruksi kepada siswa menentukan bagaimana item akan diukur dalam kaitannya dengan sisa pemeriksaan.
7.      Makalah dibaca oleh lebih dari satu penilai, atau jika hanya satu penilai adalah mungkin, esai akan kembali dibaca oleh penilai yang sama.
8.      Makalah dibaca dengan nama siswa dihapus atau ditutupi.
9.      Hanya satu item dibaca pada waktu bagi semua siswa
10.  Item sebelumnya mencetak tidak melihat ketika mencetak item saat ini
11.  Siswa diberi informasi tentang kebijakan untuk mencetak tidak relevan atau salah tanggapan.
12.  Siswa diberitahu tentang prosedur penilaian dan kriteria untuk menetapkan peringkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar